Sunday, February 21, 2016

RAHASIA UNIK PADA KAYU SECANG

Rahasia uniq kayu secang

Manfat pada kayu secang satu diantara komoditi rempah-rempah yang ada di Indonesia, sudah pasti pada faedah kayu secang ini. Di bawah ini yaitu sebagian pemakaian dari kayu secang :
Bahan pewarna
Kulit dari kayu secang bisa keluarkan zat pewarna merah alami. Oleh karenanya, kayu secang kerap sekali dipakai sebagai bahan basic buat pewarna, terlebih warna merah. Hal semacam ini karena sebab kulit kayu secang mempunyai senyawa Brazilin, yang bisa menghasilkan warna alami merah. Di bawah ini sebagian pemakaian zat pewarna alami kayu secang :
Pewarna tekstil
Pewarna pada cat
Pewarna pada makanan
Pembuatan Minuman
Media Penyembuhan
Kandungan Zat didalam Kayu Secang


Pemakaian serta manfaat kayu secang yang termasuk banyak, tetapi masih tetap mempunyai sebagian kegunaan tambahan. Kegunaan tambahan ini didapat lewat kandungan beberapa zat kimia  ,mineral, dan nutrisi yang terdapat didalam pohon secang. apa sajakah kandungan zat dalam kayu secang? Di bawah ini yaitu kandungan zat pada kayu secang :
1. Brazilin – Seperti telah dijelaskan sebelumnya, brazilin adalah satu diantara type pewarna alami yang dipunyai oleh kayu secang serta memberi pewarna merah. Umumnya warna merah ini dipakai pada cat serta pewarna.
2. Polifenol – Kegunaan kayu secang juga mempunyai kandungan polifenol yang tinggi. Polifenol sendiri adalah satu diantara zat yang disebut faedah anti-oksidan serta penangkal radikal bebas, yang seperti terdapat pada kegunaan teh hijau.
3. Flavonoid
Flavonoid adalah type pigmen pada tumbuhan. Di bawah ini yaitu sebagian faedah senyawa flavonoid didalam badan kita :
Tingkatkan efektifitas faedah vitamin C, yang diserap oleh badan
Adalah zat antioksidan
Bisa berperan sebagai antibiotik alami
Bisa mencegah radikal bebas
4. Saponin
Adalah satu diantara senyawa kimia yang memberi dampak rasa pahit pada tanaman, termasuk juga kayu secang. saponin mempunyai tanda-tanda, dengan timbulnya busa atau berbuih saat di kocok dengan memakai air.
5. Tannin
Tannin adalah type senyawa yang mempunyai karakter antibakteri serta adalah satu diantara type senyawa yang kompleks. Di bawah ini yaitu sebagian kegunaan dari tannin :
Hentikan pendarahan
Anti bakteri
Melakukan perbaikan dinding usus yang rusak lantaran tingkah virus atau bakteri
6. Minyak atsiri
Minyak atsiri adalah satu diantara type minyak essensial yang terdapat didalam kayu secang. Sifatnya yang paling utama, yaitu memiliki roma yang khas . Di bawah ini sebagian faedah dari minyak yang umum dimaksud dengan minyak eteris ini :
Bahan basic analgesik
Obat sakit perut
Sebagai bahan basic antiseptik

0 comments:

Post a Comment